Kepulauan Derawan merupakan salah satu surga tropis yang berada di bagian paling timur Kalimantan. Kepulauan ini berada di Kabupaten Berau, di selat Sulawesi dan tak jauh dari perbatasan Malaysia. Ada sebanyak 31 pulau di sana, Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban merupakan pulau-pulau yang paling populer disana. Dan pantai derawan dengan hamparan pasir putihnya, serta danau yang menjadi rumah bagi ubur-ubur dan dunia bawah laut merupakan tempat paling populer dan sempurna.
Tak hanya Raja Ampat, Togean, dan Bunaken saja yang memiliki keindahan bawah laut, Kepulauan Derawan pun tidak boleh Anda lewatkan. Saking indahnya, destinasi ini pun menjadi tujuan wisata terbaik di dunia. Wajar saja jika para wisatawan pun berbondong - bondonguntuk mengunjungi pulau cantik ini.
Di Pulau Derawan, para pengunjung dapat melakukan kegiatan menyelam untuk berjumpa dengan penyu hijau. Sedangkan jika di Pulau Maratua, para wisatawan bisa bertemu ratusan ikan baraccuda serta terumbu karang yang sangat indah.
Berbeda dengan Pulau Derawan dan Pulau Maratua, di Pulau Kakaban banyak terdapat danau yang menjadi rumah bagi ubur-ubur yang tidak bersengat. Berenang bersama ubur-ubur di danau Pulau Kakaban akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.
Sedangkan di Pulau Sangalaki, pengunjung dapat bertemu ikan manta yang menjadi penghuni bawah lautnya. Ada dua spesies penyu yang biasanya bertelur di Pulau Sangalaki, yaitu penyu hijau dan penyu sisik.
Pulau Derawan adalah pulau utama di kepulauan Derawan. Ada banyak tersedia penginapan, rumah makan, kios penyewaan soat, alat snorkeling, dan alat selam di sana.
Pulau Derawan memiliki hamparan pasir putih yang mampu memikat para pengunjung. Selain itu air yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi para penyelamBagi yang memiliki hobi diving atau dive di sinilah tempatnya. Kita juga bisa berenang bebas bersama penyu-penyu. Bahkan kita dapat menyaksikan penyu-penyu hijau itu berenang, hanya dengan duduk di ujung jembatan kayu yang mengarah ke laut. Sesekali waktu penyu-penyu itu nampak berkeliaran di sekitar cottage di sekitar pesisir pulau. Dan ketika malam menyapa, beberapa penyu naik ke darat untuk bertelur.
Keindahan biota bawah laut Pulau Derawan bisa dilihat hanya dalam jarak 50 meter dari garis pantai. Di sana pengunjung sudah dapat menyaksikan terumbu karang yang indah. Ikan-ikan beraneka warna hilir mudik menghiasi taman bawah laut. Agar lebih nyaman menyelam, di sana tersedia penyewaan peralatan menyelam. Diantaranya pengunjung bisa menyewa snorkel. Sehingga pengunjung bisa menyelam lebih dalam, untuk menemukan biota laut yang lebih “eksotis”; seperti kerapu, ikan merah, ikan kurisi, ikan barracuda, teripang, dan kerang.
Kepulauan derawan memang belum begitu dikenal khususnya didalam negri akan tetapi lebih dikenal oleh wisatawan dari negara lain. Karena kebanyakan dari pengunjung adalah touris – touris dari negara lain seperti Jepang. Di negara sendiri akses untuk menuju kepulauan ini masih dirasa sangat sulit walaupun kenyataannya tidak. Perjalanan dari luar negeri membutuhkan 2 kali penerbangan yakni tujuan balikpapan dan dilanjutkan ke Tanjung Redeb ( Ibu Kota Berau ) kemudian baru melakukan perjalanan darat ke dermaga tanjung Batu kemudian menyebrang ke pulau derawan menggunakan kapal atau Motor Boat.
Segala keindahan pulau tropis terdapat di pulau ini. Tak dapat disangkal lagi bahwa pulau Derawan adalah surga serta harta tersembunyi yang ada di Indonesia. Hamparan Pasir Putih serta laut biru siap menunggu dan memanjakan mata kita.

Yogyakarta, 03 Juni 2014